Pengertian Fungsi Dan Dampak Root

Untuk saat ini saya akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan root. Apa itu root? Apa fungsi dari root? Apakah ada dampak negatif pada android bila kita meroot android? Nah, untuk itu saya akan menjelaskan satu persatu dari pertanyaan tersebut.


PENGERTIAN ROOT


Root adalah suatu system account yang memiliki kekuasaan absolut untuk mengakses dan mengeksekusi semua file, command, system, dalam sistem operasi berbasis linux. Intinya, root ini punya akses tanpa batas yang bisa mengubah, menghapus, menambah, bahkan merusak semua yang ada didalam sistem handphone kita. Nge-root artinya nge-hack sistem handphone supaya kita (pemilik dan pengguna hape) punya akses ke account root tersebut,jadi kitalah yang punya kekuasaan.

FUNGSI ROOT


Sebenarnya ada banyak sekali fungsi dari Root sendiri. Dengan Root kita dapat memanfaatkan Full Akses Android kita. Bila kita memiliki memory internal android yang kecil, kita bisa juga menambahkan menggunakan memory eksternal dan juga kita bisa move data ke Micro SD kita. Untuk mengetahui tutorial root klik disini.

Kelebihan dari Root Android - theme yang bisa diubah-ubah tergantung mood. Untuk anda yang mudah bosan, penggantian variasi themes yang baru bisa jadi pengalaman seru, walau sebenarnya theme itu sendiri sudah terakomodasi dengan baik pada aplikasi market yang biasa. Hal lain yang patut diketahui ialah Android ponsel yang sudah di-root masih punya kemampuan menginstal dari market maupun non market, canggih bukan? Beda dengan Iphone jailbreak yang langsung keok saat terhubung ke ITunes, sebab koneksinya kan langsung ke block, kala konek ke ITunes.

DAMPAK NEGATIF ROOT HP ANDROID

Apa saja dampak dari kita Root android? Mari kita bahas satu persatu.

Ponsel berperilaku tidak normal/sering error
Memang me-root Android dapat meningkatkan kinerja ponsel secara maksimal tapi itu jika dipakai dengan benar. Nah, jika tidak? maka ponsel Android Anda akan sering error seperti; ponsel sering mati, nge-hang, sering reboot sendiri bahkan dapat menyebabkan ponsel bootlop. Bootlop adalah masalah pada saat booting dimana ponsel Anda tidak bisa melakukan startup sebelum masuk ke homescreen pada saat kalian menghidupkan ponsel.

Garansi Ponsel Yang Masih Berlaku Akan Hangus/Tidak berlaku lagi
Jika ponsel Android Anda sudah di-root maka garansi yang masih berlaku akan hangus/tidak berlaku lagi seperti yang sudah Saya jelaskan sebelumnya. Hal tersebut berlaku hampir setiap vendor-vendor ponsel Android. Nah, misalkan ponsel Anda mengalami kerusakan hardware atau error maka Anda tidak dapat menggunakan Garansi ponsel Anda.
Dapat Menyebabkan Panas Yang Berlebihan Pada Ponsel (Overheating)
Dengan melakukan rooting Android memang dapat memaksimalkan kinerja CPU pada ponsel Anda. Tetapi jika Ponsel Anda dipakai berlama-lamaan, maka akan meyebabkan panas yang berlebihan atau sering disebut Overheating.
Mudah Terserang Malware
Melakukan rooting pada ponel Android maka kita dapat menginstall aplikasi-aplikasi yang memerlukan akses root. Namun aplikasi yang mengandung virus/malware dapat dengan mudahnya menyerang ponsel Android Anda.
Sebenarnya dengan me-root Android tidak mengalami dampak negatif pada Android kita. Jika digunakan dengan benar akan lebih menguntungkan kita tapi jika tidak digunakan dengan benar dapat menyebabkan ponsel Anda error/rusak.

Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Bagi sobat yang belum mengerti cara me-root Android, silahkan baca disini Tutorial Root Android Menggunakan Framaroot

No comments:

Post a Comment

 
Dunia Film Game Animasi Teknologi

Most Reading

Powered by Blogger.